Jumat, 13 Maret 2015

Tugas TOU 2 Minggu 2


ASUS

ASUS didirikan di Taipei pada tahun 1989 oleh T.H. Tung, Ted Hsu, Wayne Hsieh dan M.T. Liao, setelah keempatnya bekerja di Acer sebagai insinyur komputer.

Pada saat itu, Taiwan belum membangun posisi terdepan dalam bisnis komputer hardware. Intel Coorparation akan memasok setiap prosesor baru untuk perusahaan yang lebih mapan seperti IBM pertama, dan perusahaan Taiwan harus menunggu selama kurang lebih enam bulan setelah IBM menerima prototipe rekayasa mereka. Menurut legenda, perusahaan menciptakan prototipe untuk motherboard menggunakan Intel 486, tapi itu harus melakukannya tanpa akses ke prosesor yang sebenarnya.

Ketika ASUS mendekati Intel untuk meminta pengujian prosesor pada motherboard ASUS, Intel sendiri ternyata punya masalah dengan motherboard mereka. Dan setelah di running, ternyata bahwa motherboard ASUS bekerja dengan benar, tanpa perlu modifikasi lebih lanjut, dalam hal ini ASUS memecahkan masalah Intel. Sejak itu, ASUS telah menerima sampel rekayasa Intel, dan ASUS menjadi terdepan karena kepercayaan dari Intel.

Pada bulan September 2005, ASUS merilis pertama kartu PhysX accelerator. Pada bulan Desember 2005 ASUS memasuki pasar TV LCD dengan model TLW32001. Pada bulan Januari 2006 ASUS mengumumkan bahwa mereka akan bekerja sama dengan Lamborghini untuk mengembangkan seri VX.

Pada 9 Maret 2006, ASUS telah dikonfirmasi sebagai salah satu produsen pertama model Microsoft Origami, bersama-sama dengan Samsung dan FounderTech Pada 8 Agustus 2006 ASUS mengumumkan usaha patungan dengan Gigabyte Technology. Pada 5 Juni 2007 ASUS mengumumkan peluncuran Eee PC di COMPUTEX Taipei. Pada 9 September 2007 ASUS menunjukkan dukungan untuk Blu-ray, mengumumkan peluncuran BD-ROM / DVD writer PC drive, BC-1205PT. ASUS kemudian merilis beberapa notebook berbasis Blu-ray.

Pada bulan Januari 2008, ASUS mulai restrukturisasi besar operasinya, membelah diri menjadi tiga perusahaan independen:
  • ASUS (difokuskan pada diterapkan komputer pihak pertama bermerek dan elektronik);
  • Pegatron (berfokus pada manufaktur OEM motherboard dan komponen); dan
  • Unihan Corporation (berfokus pada manufaktur non-PC seperti kasus dan molding).

Pada tanggal 9 Desember 2008, Open Handset Alliance mengumumkan bahwa ASUS telah menjadi salah satu dari 14 anggota baru organisasi. ASUS memberikan kontribusi signifikan terhadap kode Android Open Source Project, atau mendukung ekosistem melalui produk dan layanan yang akan mempercepat ketersediaan perangkat berbasis Android.

Pada bulan Desember 2010, ASUS meluncurkan notebook tertipis di dunia, ASUS U36, dengan standar Intel core i3 atau i5 dengan ketebalan hanya 19 mm.

Pada Januari 2013, ASUS resmi berakhir produksi yang seri Eee PC karena penurunan penjualan yang disebabkan oleh konsumen yang semakin beralih ke tablet dan Ultrabook.

Tentang sejarah berdirinya ASUS bermula dari keluarnya 4 orang insinyur T.H. Tung, Ted Hsu, Wayne Hsieh dan M.T. Liao dari perusahaan Acer. ASUS berkembang menjadi terbesar kelima di dunia vendor PC pada tahun 2013 berdasarkan unit penjualan (setelah Lenovo, HP, Dell dan Acer). Bahkan pernah menjadi peringkat pertama dalam kategori IT Hardware, dan hingga sekarang motherboard ASUS merupakan 3 besar di dunia.

Asustek Computer Inc biasanya disebut sebagai ASUS adalah perusahaan perangkat keras komputer dan elektronik multinasional yang berbasis di Beitou District, Taipei, Taiwan. ASUS telah menghasilkan produk di hampir semua setiap kategori teknologi informasi. Produknya termasuk desktop, laptop, netbook, LED / LCD panel, ponsel, peralatan jaringan, monitor, motherboard, kartu grafis, penyimpanan optik, produk multimedia, server, workstation, dan PC tablet.

ASUS adalah terbesar kelima di dunia PC vendor yang pada tahun 2013 berdasarkan data penjualan (setelah Lenovo, HP, Dell dan Acer). ASUS muncul di BusinessWeek dalam “InfoTech 100″ dan “Asia’s Top 10 IT Companies”, ASUS peringkat pertama dalam kategori IT Hardware dari Taiwan, Top 10 global Brands survei 2008 dengan nilai merek sebesar $ 1,3 miliar.

Menurut website perusahaan, kata ASUS diambil dari empat huruf terakhir kata Pegasus, kuda bersayap dalam mitologi Yunani yang melambangkan kebijaksanaan dan pengetahuan.

Industri teknologi informasi Taiwan telah bertumbuh pesat selama beberapa dekade terakhir dan Taiwan telah menjadi pemain dominan di pasar global. ASUS termasuk terdepan dalam pertumbuhan tersebut dan walaupun memulainya sebagai produsen motherboard sederhana dengan mempekerjakan segelintir karyawan yang andal, kini ASUS telah menjadi perusahaan teknologi terdepan di Taiwan dengan jumlah karyawan lebih dari 12,500 di seluruh dunia.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar