Sabtu, 27 Desember 2014

Organisasi International

PBB
Organisasi internasional adalah suatu organisasi yang dibuat oleh anggota masyarakat internasional secara sukarela atau atas dasar kesamaan yang bertujuan menciptakan perdamaian dunia dalam tata hubungan internasional. Pada hakikatnya organisasi internasional memiliki arti luas dan sempit. Secara luas, organisasi internasional meliputi organisasi publik (public international organization), organisasi privat (privat international organitation), organisasi regional, organisasi subregional, dan organisasi bersifat universal (organization of universal character). Secara sempit hanya meliputi organisasi internasional publik. PBB juga merupakan organisasi internasional yang memiliki tujuan utama dalam perjanjian

Perserikatan Bangsa Bangsa atau yang biasa kita sebut PBB didirikan di kota San Fransisco tepatnya pada tanggal 24Oktober 1945 setelah selesainya Konferensi Dumbarton Oaks yang diselenggarakan di Washington. Sejak didirikan hingga ini anggota Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) berjumlah 193 negara. Palestina dan Vatikan tidak termasuk di dalam 193 negara yang tergabung dalam Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) karena kedua negara tersebut hanya berstatus pengamat permanen.

Tujuan Organisasi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang telah disepakati dan dijalankan oleh semua anggotanya yang mana berkaitan sekali dengan pengertian PBB secara harafiah adalah :

  • Ikut menjaga perdamaian dunia
  • Mengembangkan hubungan yang baik dan erat antar sesama negara dan bangsa
  • Bekerja sama untuk membantu rakyat dalam mencapai hidup yang lebih baik, melenyapkan kemiskinan, mengurangi buta aksara di dunia, menghentikan perusakan lingkungan yang selama ini selalu terjadi dan menegakkan hak dan kebebasan yang manusia miliki.
  • Menjadi pusat agar semua negara dan bangsa dapat mencapai hal tersebut


http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_internasional

http://blogging.co.id/pengertian-sejarah-dan-tujuan-pbb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar